Diantara kalian pasti sudah banyak yang tahu apa itu crowdfunding.Layanan urunan dana atau securities crowdfunding (SCF) merupakan salah satu peluang investasi baru saat ini. Selain mendapatkan keuntungan, investor sekaligus membantu perkembangan UMKM. Berdasarkan data yang dihimpun, securities crowdfunding hampir mirip dengan investasi di pasar modal, di dalamnya ada penerbit, penyelenggaraan layanan, dan pemodal (investor). 

Namun, perbedaannya terletak pada mekanisme penawaran efek yang diterbitkan. Melalui securities crowdfunding, penerbit dapat langsung menjual sahamnya ke investor melalui sistem elektronik. 

Serupa dengan pasar bursa, di securities crowdfunding investor bisa membeli efek yang bersifat ekuitas (saham) dan efek bersifat utang atau sukuk (EBUS). Nantinya, investor akan mendapatkan keuntungan atau capital gain dalam bentuk dividen atau bagi hasil dari keuntungan bisnis tersebut. 

Keuntungan tersebut akan dibagikan secara periodik. Tertarik investasi di securities crowdfunding? Mengutip dari Instagram resmi Otoritas Jasa Keuangan (@ojkindonesia), ini lima tips agar bisa berinvestasi dengan bijak: 

  1. Pastikan Platform SCF Telah Berizin Calon investor perlu memastikan penyelenggaran securities crowdfunding sudah mendapatkan izin dari OJK. Untuk mengetahui lengkapnya, calon investor dapat terlebih dahulu mengecek status platform melalui situs www.ojk.go.id atau menghubungi kontak OJK 157. 
  2. Cermati Syarat dan Ketentuan yang Ditawarkan Sebelum melakukan investasi terhadap suatu efek di perusahan tertentu, calon investor perlu mencermati syarat dan ketentuan yang ada. Selain itu, calon investor dapat membaca dengan saksama detil bisnis dan prospektus yang ada. 
  3. Patuhi Batas Investasi Calon investor dengan penghasilan lebih dari Rp500 juta per tahun, maka maksimal investasinya 5 persen dari penghasilan. Semantara, calon investor yang memiliki penghasilan kurang dari Rp500 juta per tahun, maka maksimal investasinya 10 persen dari penghasilan. 
  4. Gunakan Dana Lebih Gunakan uang ‘nganggur’ atau uang yang tidak akan digunakan dalam waktu dekat atau untuk kebutuhan tertentu. Hindari menggunakan dana kebutuhkan pokok atau dari pinjaman. 
  5. Pahami Risikonya Perlu diingat, setiap investasi memiliki risiko yang mungkin terjadi dan harus dihadapi. Oleh karena itu, pahami risiko berinvestasi di securities crowdfunding dengan cermat.

Hal ini agar para pemilik modal tertarik dan yakin untuk menanamkan modalnya untuk bisnis milikmu.

Manfaat Crowdfunding

Selain akses kemudahan untuk memasuki jaringan para pemberi dana yang lebih luas dan lebih besar. Crowdfunding juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat kamu rasakan seperti:

  • Jangkauan yang Lebih Luas

Platform crowdfunding ini mempermudah mereka untuk mencari orang-orang yang tertarik melakukan pengembangan dana di seluruh penjuru daerah, lalu dengan crowdfunding juga dapat mempermudah interaksi serta berbagi kampanye penggalangan dana satu dengan yang lain.

  • Kesempatan untuk Melakukan Pengenalan Bisnis

Crowdfunding memungkinan kamu untuk mengenalkan bisnis atau kampanye penggalangan dana yang dilakukan dengan memberikan informasi yang menonjolkan bisnis yang sedang dibangun. Seperti contohnya, daya tarik, penawaran, pasar yang dituju hingga nilai perusahaan tersebut.

Hal tersebut agar para calon pemberi dana ini mengetahui lebih dalam mengenai usaha maupun bisnis tersebut serta langkah perkembangannya.

  • Melakukan Pemasaran

Kamu dapat mulai melakukan pemasaran dari penggalangan dana tersebut melalui berbagai macam channel seperti media sosial, email hingga strategi pemasaran lainnya. Hal ini berguna agar penggalangan yang kamu lakukan melalui platform crowdfunding tersebut dapat penuh dengan waktu lebih cepat.

  • Validasi Konsep

Melakukan pengenalan konsep dari usaha ataupun bisnis kamu seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas adalah hal terbaik yang perlu dilakukan. Karena itu agar calon pemberi dana tertarik menanamkan modalnya untuk bisnismu, kamu dapat melakukan pendekatan yang lebih matang untuk meyakini mereka untuk mengembangkan bisnis yang dijalani.

Karena itu equity crowdfunding Indonesia memang memiliki banyak manfaat selain untuk pengembangan usaha bagi yang membutuhkan dana, crowdfunding juga adalah solusi untuk mereka yang ingin mengembangkan dananya melalui bantuan yang diberikan kepada usaha maupun bisnis yang membutuhkan dana tersebut.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.