Inspeksi mobil bekas adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil. Dengan melakukan inspeksi mobil bekas dengan jasa inspeksi mobil bekas akan mencegah beberapa hal penting. 

Keuntungan yang akan didapat dengan melakukan inspeksi mobil bekas adalah mencegah kerugian, dan memantapkan keputusan pembeli. Sementara pada artikel ini akan kami jelaskan mengenai 5 cara yang inpekasi mobil, diantaranya adalah sebagai berikut :

Apa Saja 5 Cara Inspeksi Mobil Bekas ?

  • Cek Ruang Pada  Mesin

Cara pertama dalam melakukan tindakan inspeksi mobil bekas adalah mengecek ruang pada mesin. Selain mengandalkan jasa inspeksi mobil bekas, Anda juga harus memastikan apakah ruang mesin tersebut masih berkualitas baru atau telah terdapat bagian – bagian yang pernah dilakukan pengecatan ulang. 

Terdapat beberapa indikasi penting jika pengecakan ulang dilakukan, salah satunya adalah mesin yang pernah diturunkan. Banyak sekali hal yang menjadi penyebab mengapa mesin diturunkan dari tempatnya, salah satunya yakni pernah terjadi tabrakan atau kecelakaan dari depan. Kejadian tersebut tentu akan mengubah keputusan Anda. 

  • Mengecek Kondisi Mesin

Cara kedua adalah melakukan tindakan inspeksi mobil dengan melihat apakah ada oli mobil yang tembus. Baik berupa tembus, rembesan atau cairan – cairan lainnya yang tidak normal dan keluar dari sela – sela mesin. Tenaga inspeksi profesional juga melihat kondisi lainnya yang cenderung lebih detail dan baik. 

Jasa inspeksi mobil bekas ini biasanya melihat selang – selang mobil apakah ada yang bocor atau terlihat tidak sehat. Orang yang menjual mobil bekas pastinya akan menutupi semua kekurangan tersebut dengan cara yang sangat sederhana yakni mencuci mesin mobil. 

  • Starter Mobil

Anda juga dapat mencoba starter mobil untuk melihat apakah mobil bisa dipakai atau tidak. Sebagian besar mobil bekas dengan kondisi bagus akan langsung menyala dalam keadaan dingin. Lain halnya dengan mobil bekas yang ada masalah, akan susah untuk menghidupkannya, ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengecek aki mobil. 

  • Indikator dan Speedometer

Anda juga harus memperhatikan bagian – bagian penting yang diperhatikan oleh jasa inspeksi mobil bekas tersebut. Jika mobil dalam keadaan baik, yakni tak ada masalah berarti pada oli, temperatur dan aki, maka lampu indikator tidak menyala. Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan menyala atau tidaknya indikator pada spedometer. 

  • Suara Mesin dan Getaran Mesin

Perhatikan juga suara mesin ketika pertama kali dihidupkan dalam keadaan mesin tengah dingin. Cobalah fokus untuk mendengarkan suara mesin, ini adalah cara deteksi dini untuk menilai suara – suara yang tidak sehat atau tidak enak di dengar. 

Karena mobil yang bermasalah tentu memiliki ragam indikasi. MOleh sebab itu, hindarilah mobil yang memiliki kondisi tidak baik. Anda juga perlu untuk membuka ruang mesin dan memperhatikan getaran mesin ketika mobil tengah menyala. 

Terdapat kerusakan pada busi mesin mobil jika getarannya terlihat pincang, entah busi tersebut kotor atau busi mobil memang perlu diganti yang baru. 

Jasa inspeksi mobil bekas yang profesional adalah orang-orang yang berpengalaman di bidang ini, yakni montir yang telah diberi pelatihan dan terpercaya. Inspeksi mobil dilakukan di ragam titik tertentu, guna mengetahui apa saja yang perlu diganti dan apa saja yang perlu Anda perbaiki. 

Inspeksi tersebut biasanya dilakukan di beberapa sektor, baik surat-surat mobil tersebut, mesin mobil, kaki-kaki mobil, bagian eksterior, bagian interior, tes jalan dan ragam tes lainnya. Hasil tes akan diberikan kepada Anda setelah semuanya selesai. 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.